Kamis, 07 Juli 2011

7 Biola Termahal di Dunia

7. "Taft", Antonio Stradivari


“Taft” pertama kali di miliki oleh saudara presiden Amrik yang ke 27 yang bernama William Howard Taft di awal tahun 1900

Biola ini di buat oleh Pembuat biola yang sangat terkenal yaitu Antonio Stradivari di awal masa keemasan pembuatannya yaitu di awal tahun 1700

Dari sekitar 2000 buatan Stradivari Biola antik ini di lelang mencapai harga $1,326,000 sekitar Rp 11.934.000.000,- dibalai lelang Christie’s East, Manhattan , New York.

Pembeli yang hanya mau di sebut sebagia “Gentleman” adalah seorang yang suka melindungi karya seni , dan dia berencana untuk meminjamkan biola ini kepada para pemusik.
Harga Biola ini di perkirakan mampu menembus harga $1.5juta.
Saat ini biola Taft di pinjam oleh pemain biola dari kanada Jessica Lineebach

6. "Kreutzer Strad", Antonio Stradivari

 

Peninggalan Stradivari yang lain adalah Kreutzer Strad yang dilelang dibalai lelang Christie’s South Lensington , London pada tahun 1998 dengan harga US$1,580,000
Biola ini di buat pada Tahun 1727. Biola ini pertama di miliki oleh pemain biola dari perancis yang bernama Rodolphe Kreutzer. Kepadanya bethoven mempersembahkan salah satu sonata biola terbaik yaitu Kreutzer Violin Sonata No. 0 in A major, Op. 47 (1803).
"Kreutzer Strad" akan mendapatkan rangking harga tertinggi di inggris , jika harga mencapai £947,500.

5. "The Red Mendelssohn", Antonio Stradivari


Biola ini di buat lagi lagi oleh Stradivari (hobi banget bikin biola mahal. hahaha) dan di juluki “"The Mendelssohn"” yang telah terjual dib alai lelang Christie di London pada tahun 1900 dengan harga $1,686,700.

Biola ini di buat oleh Stradivari pada tahun 1720 dan merupakan biola merupakan biola termahal pada saat itu. Julukan biola ini di ambil dari seorang banker dari berlin yang merupakan keturunan dari kompser ternama Felix Medelssohn. Biola ini di miliki pada tahun 1950
biola ini kaya akan warna merah dan ada stripe warna merah pada bagian atas sebelah kanan (jangan bingung ngebayangin ya), merupakan salah satu factor julukan tersebut diberikan. Hal ini juga membuat biola ini sangat terlihat atraktif dan sangat banyak yang menginginkan.
Biola terkenal ini di beli oleh pemaen biola professional dari amerika yang tidak mau identitasnya di sebarluaskan.

"The Red Mendelssohn" juga merupakan inspirasi dari film “The Red Violin” pada tahun 1999 yang juga memenangi Academy award.
Saat ini biola ini di main kan oleh pemaen biola Elizabeth Pitcairn. Dia mendapatkan biola ini dari kakeknya pada ulang tahunnya yang ke 16 yang membelinya pada pelelangan.

4."The Lady Tennant", Antonio Stradivari


Biola ini di buat pada tahun 1699 oleh Antonio Stradivari yang di buat 1 tahun sebelum masa keemasan(1700-1720)

Biola antic ini telah terjual dengan harga $2,032,000 US dollars dibalai lelang Christie New York pada tanggal 22 april 2005

Biola ini di miliki oleh pemaen biola Charles Philippe Lafont. Nama biola ini di ambil dari Sir Charles Tennant yang membeli biola ini untuk istrinya Marguerite Agaranhe Miles Tennant sebagai hadiah.
Biola yang terkenal ini secara permanen di pinjam oleh Yang Liu pemain biola asal China.

3. "Solomon Ex-Lambert", Antonio Stradivari


The"Solomon Ex-Lambert" di buat oleh Stradicari pada tahun 1729.
Nama Solomon diambil dari pemilik terakhir Seymor Solomon seorang pemaen biola amatir yang mendapatkan biola ini pada pelelangan di tahun 1972 dan dia adalah co-founder dari Vanguard Records.
“Ex-Lambert” diambil dari pemilik sebelumnya , Miss Dorothy Mary Murray Lambert , seorang pemaen biola dari inggris pada tahun 1920 – 1930an.

Biola ini sudah melewati beberapa transaksi dan pemilik sejak tahun 1729. Setelah Miss Murray meninggal , biola ini di lelang pada tahun 1927 dan Seymour Solomon membelinya dengan harga £17,500.
Pada tanggal 23 february 2007 , “Solomon Ex-Lambert” ditampilkan dan di mainkan oleh pemaen biola muda dari inggris Ruth Palmer , dan selenggarakan pelelangan oleh balai lelang Christie pada tanggal 2 april 2007. Dan biola ini terjual dengan harga $2,728,000 oleh seorang yang tak mau disebutkan namanya.

2. "The Hammer", Antonio Stradivari


"The Hammer", biola yang dibuat oleh Antonio Stradivari pertama kali di miliki oleh kolektor swedia Christian Hammer. Pada 26 mey 2006, dan membuat rekor dunia baru dibalai pelelangan Christie New York
Biola ini di menangi oleh seseorang yang mem-bid melalui telepon , dengan harga tinggi yaitu $3,544,000 , harga biola ini di perkirakan sekitar $1juta. Dan biola ini mencapai harga yang di luar perkiraan. Dan biola ini memcahkan rekor biola – biola Stradivari sebelumnya.

Biola yang sangat terkenal ini kemungkinan di buat sepanjang periode Chilly sekitar tahun 1645 dan 1715, pada saat itu kayu yang di gunakan mempunyai kualitas yang unik. Mantra dingin yang tidak biasa adalah salah alasan biola Stradivarius memiliki harga yang yang sangat tinggi.

1. “Ex-Vieuxtemps", Guarneri Del Gesu

  
Setelah biola – biola sebelumnya di dominasi oleh Antonio Stradivari (maruk banget nih orang) biola yang termahal kali ini di buat oleh Giuseppe Guarneri del Gesu, yang di maenkan oleh pemaen biola dari Israel Pinchas Zukerman selama konser di Pashkov House ,Moscow , pada 21 maret 2008. Biola ini di beli oleh Lawyer Maxim Viktorov di pelelangan Sotheby pada February 2008.

Dan biola ini terjual dengan harga yang menembus rekor dunia baru yaitu US$3.9 million dollars.

Violinist Pinchas Zukerman memainkan repertoire milik Bach , Mozart dan Bruch dengan Orketra dari The Bolshoi Theatre.
Biola ini di buat pada tahun 1741 dan terakhir dimiliki oleh Henri Vieuxtemps , seorang composer biola.  

sumber : http://www.kaskus.us/